Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron
Komunikasi merupakan kegiatan
yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata cara
serta tata krama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut menjadi makin
penting dalam tata krama berkomunikasi daring, karena kedua belah pihak tidak
bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham.
Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan
antara lain sebagai berikut.
a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan
pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan
pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada
teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
b. Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan
huruf kapital. Dalam tata krama korespondensi elektronik, penulisan seluruh
kalimat menggunakan huruf kapital berarti sama dengan berteriak/marah.
c.
Tidak
menggunakan jenis huruf (font) yang
beragam. Gunakanlah font standar,
dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
d. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah
subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail Anda.
e. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga
penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan
untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
f. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah
terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
g. Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak
semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silakan anda komentari kami